Tuesday 25 October 2016

Jenis Laporan Keuangan


Laporan keuangan adalah laporan yang menyajikan informasi keuangan yang dipercaya kepada pihak yang berkepentingan. Hal-hal yang termuat dalam laporan keuangan adalah harta, utang, modal, dan seluruh hasil operasi serta beban yang dikeluarkan pada kegiatan untuk periode tertentu dalam rangka memperoleh laba.
Jenis-jenis laporan keuangan, yaitu neraca, laporan rugi laba, dan laporan perubahan modal. Diuraikan seperti dibawah ini.
a.     Neraca
    Neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai keadaan harta, utang, dan modal suatu perusahaan pada saat tertentu.
b.     Laporan laba-rugi
    Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai seluruh hasil operasi (pendapatan) dan beban yang dikeluarkan (beban usaha) dalam kegiatan untuk suatu periode tertentu dalam rangka memperoleh laba.
c.     Laporan perubahan modal
    Laporan perubahan modal adalah laporan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi selama periode tertentu.
d.     Laporan arus kas
    Laporan arus kas adalah laporan yang menjelaskan tentang arus kas yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan selama satu periode tertentu. Berdasarkan laporan arus kas ini akan diperoleh informasi keuangan untuk digunakan dalam mengevaluasi kegiatan manajemen seperti operasional, pendanaan, investasi, dan untuk melakukan perkiraan/perencanaan arus kas perusahaan di masa yang akan datang.

1 comment: