Tuesday 25 October 2016

Kegunaan informasi akuntasi



Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan informasi ekonomi dari suatu perusahaan yang diperlukan oleh pihak-pihak intern maupun ekstern. Informasi akuntansi mempunyai kepentingan yang berbeda-beda sesuai dengan kepentingan orang, badan atau masyarakat yang memerlukannya.
Akuntansi akan menghasilkan informasi keuangan yang sifatnya kuantitatif kepada berbagai pihak yang berkepentingan dengan eksistensi perusahaan. Akuntansi juga membantu mereka dalam mengambil keputusan ekonomi yang menyangkut perusahaan tersebut. Pihak-pihak yang membutuhkan informasi keuangan ini diantaranya:
1.     Pemilik Perusahaan
    Pemilik perusahaan sangat berkepentingan terhadap laporan keuangan terutama jika perusahaan yang dipimpinnya diserahkan pada orang lain seperti pada perseroan. Untuk menilai sukses tidaknya manager dalam mengelola perusahaan, biasanya diukur dengan laba yang diperoleh perusahaan.
2.     Pimpinan Perusahaan
    Dengan mengetahui posisi keuangan pada periode yang baru lalu, manager akan dapat menyusun rencana yang lebih baik sehingga akan memudahkan dalam pengendalian perusahaan. Di samping itu, juga akan memudahkan dalam menentukan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang lebih tepat, cara kerja yang lebih efisien, dan aktiva terjaga aman.
3.     Kreditur dan Calon Kreditur
    Pihak kreditur (misalnya bank) ingin mengetahui perkembangan perusahaan setelah pinjaman diberikan. Ia harus selalu menilai kemampuan perusahaan mengembalikan pinjaman untuk memutuskan apakah harus memberi tambahan pinjaman atau menarik pinjaman yang telah diberikan. Bagi calon kreditur, informasi tentang perusahaan diperlukan untuk menilai risiko yang akan terjadi sebelum pinjaman diputuskan untuk diberikan.
4.     Karyawan dan Buruh
    Para karyawan membutuhkan informasi laporan keuangan suatu perusahaan terutama untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil sehubungan dengan kelangsungan kerjanya, terutama pada perusahaan yang biasa memberikan bonus dan premi tiap-tiap akhir periode akuntansi.
5.     Pemerintah
    Pemerintah sangat berkepentingan dengan laporan keuangan suatu perusahaan terutama untuk menentukan berapa besarnya pajak yang harus ditanggung oleh perusahaan. Di samping itu, juga sangat diperlukan oleh biro pusat statistik, dinas perindustrian, departemen perdagangan, dan departemen tenaga kerja untuk dasar perencanaan pemerintah.

1 comment: