Tuesday 25 October 2016

Profesi akuntan



Akuntan adalah orang yang ahli dalam bidang akuntansi. Profesi akuntan sama halnya seperti seorang dokter atau pengacara, hanya gerak penanganannya yang berbeda. Perkembangan pesat dari teori dan teknik akunting sekarang ini telah disertai dengan peningkatan jumlah akuntan-akuntan yang terlatih dan profesional.
Secara garis besar profesi akuntansi dapat digolongkan menjadi:
1.     Akuntan Publik (Public Accountants)
Akuntan publik atau disebut juga akuntan eksternal adalah akuntan independen yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Pemeriksaaannya biasanya dilakukan terhadap pertanggungjawaban keuangan dari pimpinan perusahaan dalam bentuk laporan keuangan dan laporan lainnya. Akuntan ini bekerja secara bebasdan pada umumnya mendirikan kantor akuntan dengan izin dari departemen keuangan. Jasa yang dapat diberikan oleh akuntan publik meliputi:
a.    Jasa pemeriksaan (audit),
b.    Jasa perpajakan (tax services),
c.    Jasa konsultan manajemen (management advisor services),
d.    Jasa akuntansi (accounting services).
2.     Akuntan Manajemen (Internal Accountants)
    Akuntan manajemen atau intern adalah akuntan yang bekerja dalam satu perusahaanatau organisasi. Jabatan yang didudukinya mulai dari staf biasa sampai dengan kepala bagian akuntansi, controller atau direktur keuangan. Adapun tugas yang dikerjakan oleh akuntan intern adalah:
a.    Penyusunan sistem akuntansi,
b.    Penyusunan laporan akuntansi kepada pihak-pihak di luar perusahaan,
c.    Penyusunan laporan akuntansi kepada pihak manajemen,
d.    Penyusunan anggaran,
e.    Menangani masalah perpajakan,
f.    Melakukan pemeriksaan intern.
3.     Akuntan Pemerintah
    Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah seperti departemen, badan pengawasan keuangan, dan badan pengawasan pembangunan serta direktorat jenderal pajak. Tugasnya adalah mengadakan pemeriksaan keuangan dan merencanakan suatu sistem yang dibutuhkan pemerintah pada waktu mengambil keputusan.
4.     Akuntan Pendidik
    Akuntan pendidik adalah seorang akuntan yang bertugas sebagai penyampai ilmu akuntansi kepada para siswanya dan melakukan penelitian guna mengembangkan ilmu akuntansi itu sendiri.

No comments:

Post a Comment