Thursday 3 November 2016

Pengertian Akuntansi Umum




            Dipandang dari sudut fungsi dan kegiatannya, Akuntansi Umum (General Accounting) atau Akuntansi Keuangan (Financial Accounting) diartikan sebagai “proses identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi ekonomis untuk memungkinkan para pemakai informasi membuat pertimbangan-pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat dan jelas “
            Dalam artian sempit atau dipandang dari sudut kegiatannya, akuntansi merupakan suatu proses yang meliputi pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan pelaporan transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Kedua pengertian tersebut, dapat dijabarkan sebagai berikut :
a.       Obyek atau sasaran akuntansi umum adalah transaksi perusahaan yang bersifat finansial, atau akibatnya dapat diukur dengan satuan uang.
b.      Produk (hasil) akhir dari proses akuntansi umum adalah informasi ekonomis, berupa ikhtisar transaksi keuangan perusahaan yang disusun dalam bentuk laporan keuangan (finansial statement).
c.       Laporan keuangan sebagai produk akhir dari proses akuntansi, oleh pihak-pihak yang berkepentingan dianalisis serta ditafsirkan pengaruhnya terhadap kegiatan perusahaan.
d.      Hasil analisis laporan keuangan, digunakan oleh pihak intern maupun pihak-pihak ekstern perusahaan sebagai bahan pembuatan pertimbangan-pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

No comments:

Post a Comment