Monday 12 December 2016

Menutup buku besar dan membuat jurnal penutup

Menutup buku besar dan membuat jurnal penutup

Di akhir periode akuntansi koperasi, akun-akun yang ada dalam buku besar harus dipindahkan ke akun tetap. Dengan demikian, akun-akun tersebut dapat digunakan untuk mengumpulkan data periode berikutnya. Untuk itu diperlukan suatu seri ayat jurnal yang disebut jurnal penutup (closing journal). Ayat jurnal penutupan adalah jurnal untuk me-nol-kan saldo akun-akun sementara apabila akan dimulai pencatatan data akuntansi periode berikutnya.
Pada penyusunan jurnal penutup dibutuhkan satu akun tambahan yang dapat digunakan untuk mengikhtisarkan data yang ada dalam akun-akun pendapatan dan biaya. Akun tambahan ini disebut ikhtisar rugi laba (income summary).
Untuk menyusun jurnal penutup ada tiga tahapan yaitu:
1.    Akun-akun pendapatan didebet dengan jumlah saldo akhirnya masing-masing, Akun ikhtisar rugi laba dikredit dengan jumlah saldo akhir akun-akun tersebut. Dengan pendebetan seperti ini maka akun-akun pendapatan akan menjadi nol
2.    Akun-akun biaya dikredit sebesar masing-masing saldo akhirnya dan akun ikhtisar rugi laba didebet sebesar jumlah saldo akhir akun-akun tersebut.. Dengan pengkreditan ini semua akun biaya akan bersaldo nol.

Untuk memberikan pengertian yang lebih jelas mengenai penyusunan jurnal penutup, maka kita gunakan data dari salon Raflesia.

Tahap 1: menutup semua akun pendapatan.

Tahap 2: menutup semua akun biaya

1 comment: