Tuesday 25 October 2016

Neraca saldo (trial balance)



Akhir dari tahap pencatatan adalah diketahuinya saldo-saldo perkiraan buku besar. Kemudian saldo-saldo buku besar tersebut diikhtisarkan pada akhir periode akuntansi dan hasil pengikhtisaran diperlihatkan dalam neraca saldo. Dengan demikian neraca saldo adalah suatu daftar yang berisi saldo-saldo akun buku besar yang dicatat secara sistematis menurut nomor kode akun buku besarnya, disertai jumlah debet dan kredit akun yang bersangkutan.
Penyusunan neraca saldo sama dengan penyusunan semua akun yang ada dalam buku besar berdasarkan urutan kode masing-masing akun beserta saldonya. Kesamaan antara debet dan kredit di dalam buku besar harus selalu diperiksa. Adapun bentuk neraca saldo dapat disajikan sebagai berikut.

Neraca saldo di atas, pengisiannya dapat dilakukan sebagai berikut.
1)    Kolom “No Akun” diisi dengan nomor kode akun masing-masing buku besar,
2)    Kolom “Nama Akun” diisi dengan nama akun yang bersangkutan di buku besar,
3)    Kolom “Debet” dan “Kredit” diisi dengan saldo buku besar yang bersangkutan.

Contoh kita ambil dari akun Kas Central Komputer seperti berikut ini.
Untuk penyusunan Neraca saldo Central Komputer bisa dilakukan seperti contoh diatas, hasilnya adalah sebagai berikut.

Pada contoh Neraca Saldo Central komputer di atas, keseimbangan antara debet dan kredit diperlihatkan pada jumlah Rp.35.500.000. Berdasarkan contoh di atas, kita dapat menarik kesimpulan mengenai tujuan digunakan neraca saldo. Tujuan neraca saldo adalah untuk menguji kebenaran pendebetan dan pengkreditan akun buku besar. Apabila neraca saldo debet dan kredit tidak seimbang, sudah dapat dipastikan terdapat kesalahan. Akan tetapi, apabila debet dan kredit seimbang, keadaan ini juga belum tentu benar.
Catatan:
1)     Sumber pencatataan untuk neraca saldo berasal dari buku besar,
2)    Seluruh akun yang terdapat dalam buku besar baik akun riil (neraca) maupun akun nominal (rugi laba) diikhtisarkan dalam daftar sisa,
3)    Akun-akun yang bersaldo debet dipindahkan ke kolom debet neraca saldo sedangkan yang bersaldo kredit dipindahkan ke dalam kolom kredit neraca saldo.
4)    Saldo normal dari akun-akun tersebut adalah:

1 comment: